Senin, 18 November 2013

ARTIKEL DAN JURNAL KERIPIK TALAS




MEMBUKA USAHA KECIL
USAHA MEMBUAT KRIPIK TALAS


A.    LATAR BELAKANG
Di zaman era globalisasi ini banyak hal – hal yang instan, tidak terkecuali makanan . Hal inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan . banyaknya makanan – makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran, sehingga menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
Adanya persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan ,dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan , “kripik talas” jenis usaha yang akan saya jalankan ini akan di modifikasi dari bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun makanan ini saya beri nama “KRIPIK TALAS CITRA BANGSA”. Kenapa??? Karna berhubungan saya masih sekolah di SMK yang benama SMK CITRA BANGSA dan menurut saya namanya cukup itu unik.

B.     VISI USAHA
Memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “kripik talas” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.

C.    MISI USAHA
Adapun misi yang saya terapkan adalah :
  • Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
  • Memberikan kepuasan pada pelanggan
  • Memanfaatkan bahan baku utama ,talas sehingga menjadi makanan yang berkualitas
  • Mencari keuntungan dari modal yang kecil
  • Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga beramal”.                        
D.    ANALISA PELUANG USAHA
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan talas yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar berbeda dengan keripik talaslainnya yang sudah beredar di pas    aran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik saya ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
Apabila kita lihat dari analisa sistem SWOT  seperti hal berikut :
SWOT
Ø  Strengths (Kekuatan)
  • Harga keripik talas ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
  •   Kualitas dari keripik talas ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
  •   Keripik talas ini mempunyai rasa yang gurih dan enak.
  •   Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli.
  • Keripik talas dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
Ø  Weakness (Kelemahan)
  • Talas masih dipandang sebelah mata dan tidak banyak orang yang mengenal sehingga diperlukan promosi- promosi.
  • Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga ,sehingga bahan yang di produksi kurang banyak.
  • Bahan baku keripik talas yang mudah rusak.
  • Keripik talas akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
Ø  Opportunity (Peluang)
  •   Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
  •   Permintaan pasar yang semakin meningkat.
  • Banayk diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
Threats (Ancaman)
  • Jumlah kompetitor yang terus meningkat.
  • Munculnya produk baru yang lebih unggul.
  •   Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.
Jenis usaha yang saya jalankan ini termasuk usaha rumahan,yang mampu bersaing dengan usaha snack modern,karena usaha saya ini telah saya modifikasi dari tampilan maupun rasa.
  • Cara pembuatan secara garis besar:
  1. Kupas talas
  2. Iris tipis dengan bentuk menarik
  3. Rendam isisan talas dalam air yang sudah di campur kapur sirih dan garam
  4. Panaskan minyak yang cukup banyak
  5. Goreng talas hngga kering dan matang
  6. Angkat dan tiriskan






MEMBUKA USAHA KECIL
USAHA MEMBUAT KRIPIK TALAS


1.    LATAR BELAKANG
Di zaman era globalisasi ini banyak hal – hal yang instan, tidak terkecuali makanan . Hal inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan . banyaknya makanan – makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran, sehingga menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
Adanya persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah saya untuk mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan ,dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan , “kripik talas” jenis usaha yang akan saya jalankan ini akan di modifikasi dari bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik.

2.     ISI MATERI
                  A.VISI USAHA
Memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “kripik talas” yang mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.

B.    MISI USAHA
Adapun misi yang saya terapkan adalah :
  • Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
  • Memberikan kepuasan pada pelanggan
  • Memanfaatkan bahan baku utama ,talas sehingga menjadi makanan yang berkualitas
  • Mencari keuntungan dari modal yang kecil
  • Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga beramal”.                        
3.      PEMBAHASAN MASALAH
A.ANALISA PELUANG USAHA
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan talas yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik talas ini agar berbeda dengan keripik talas lainnya yang sudah beredar di pas    aran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik talas ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik talas ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik saya ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
A.    SWOT
Ø  Strengths (Kekuatan)

  • Harga keripik talas ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
  • Kualitas dari keripik talas ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
  • Keripik talas ini mempunyai rasa yang gurih dan enak.
  • Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli.
  • Keripik talas dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
Weakness (Kelemahan)
  • Talas masih dipandang sebelah mata dan tidak banyak orang yang mengenal sehingga diperlukan promosi- promosi.
  • Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga ,sehingga bahan yang di produksi kurang banyak.
  • Bahan baku keripik talas yang mudah rusak.
  • Keripik talas akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
Opportunity (Peluang)
  • Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
  • Permintaan pasar yang semakin meningkat.
  • Banayk diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
Ø  Threats (Ancaman)
  • Jumlah kompetitor yang terus meningkat.
  • Munculnya produk baru yang lebih unggul.
  • Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.

I.       KESIMPULAN
Dengan membuka usaha kripik talas ini kita dapat memberikan cita rasa yang enak dan juga unik karena makanan tersebut terbuat dari talas, selain itu juga buah talas mudah di temukan di mana-mana sehingga mempermudah kita dalam memproduksi talas secara maksimal.
Selain itu juga kita memasarkannya di tempat yang ramai sehingga masyarakat semakin tahu kripik yang kita buat dan pada akhirnya semakin laris di kalangan masyarakat, baik kalangan menengah maupun keatas.

2 komentar:

  1. follow juga ya blog saya http://hardy-bonvisa.blogspot.com/ ,salam knal :)

    BalasHapus
  2. Alat pengemas/packing makanan dengan baik agar tdk terkontaminasi bakteri luar. :)

    BalasHapus